6 CONTOH RECOUNT TEXT Pendek dan Panjang Beserta Terjemahannya

Berikut ini adalah 6 Contoh Recount Text pendek dan panjang bahasa inggris serta terjemahan artinya tentang liburan for senior high school bahasa inggris beserta strukturnya. semoga dapat membantu

Contoh 1

Contoh Recount text pendek tentang liburan dan terjemahannya serta strukturnya

My Busy Holiday

On February 8th, 2016, I thought this would be a great holiday for me because that was Chinese New Year holiday. I didn’t celebrate the Chinese New Year as I’m not Chinese but I guessed that it was a good time for me to get full refreshing. I was so tired to studying. However, the unpredictable fact broke everything up.

First like an ordinary daughter, I had to get up early morning to help my mother, of course after I prayed. Then I did the dishes, cleaned up my room, and did my bed. I was really in danger if my mom knew that my room was messy. So, I made it as soon as possible. After finishing everything, my aunts called me in the afternoon. I did not meet them for a long time so we kept for hours to talk about some up to date gossips. Not long after that, my neighbor who is also my schoolmate visited me. She asked my help to finish her homework. At last, the time was running and the homework was successfully finished. An unpredictable moment happened after that. To my surprised, I just remembered that I had a lot of homework too. I got confused and regretful why I did not check it. As the consequence, I did my homework until late night and it was hardly finished. Since then, I always check my home work before having a holiday.

I did not feel this was holiday instead of I had to work hard and got a long ship with my homework.

Liburanku yang Sibuk

Tanggal 8 Februari, 2016, saya pikir hari itu akan menjadi hari libur yang sangat menyenangkan bagi saya karena itu adalah hari libur tahun baru China (Imlek). Saya tidak merayakan Tahun Baru Imlek karena saya bukan orang Cina tapi saya berfikir bahwa itu adalah waktu yang tepat bagi saya untuk mendapatkan refreshing sepanjang hari. Aku sangat lelah untuk belajar. Namun, fakta yang tak terduga menghancurkan semuanya.

Pertama seperti layaknya seorang anak perempuan, saya harus bangun pagi untuk membantu ibu, tentu saja setelah saya sholat. Lalu saya mencuci piring, membersihkan kamar saya, dan merapikan tempat tidur. Aku benar-benar berada dalam bahaya jika ibu saya tahu bahwa kamar saya berantakan. Jadi, saya mengerjakannya sesegera mungkin. Setelah menyelesaikan segalanya, bibi saya memanggil saya di sore hari. Saya sudah lama tidak bertemu dengan mereka sehingga obrolan kita berlangsung berjam-jam membicarakan tentang beberapa gosip terkini. Tidak lama setelah itu, tetangga saya yang juga teman sekolah saya mengunjungi saya. Dia meminta bantuan saya untuk menyelesaikan PR-nya. Akhirnya, waktupun berlalu dan pekerjaan rumah berhasil kami selesaikan. Saat yang tak terduga terjadi setelah itu. Saya sangat terkejut ketika saya baru saja  ingat bahwa saya punya banyak pekerjaan rumah juga. Saya bingung dan menyesal mengapa saya tidak memeriksanya. Sebagai konsekuensinya, saya mengerjakan pekerjaan rumah saya sampai larut malam dan itu hampir tidak selesai. Sejak saat itu, saya selalu memeriksa pekerjaan rumah saya sebelum memiliki liburan.

Saya tidak merasa hari itu adalah liburan, karena saya justru harus bekerja keras untuk menyelesaikan pekerjaan saya.

Contoh 2

I am so glad that today is over. So many things have gone wrong. For some reasons I didn’t sleep a wink last night. I was very tired when Mum called me this morning. I fell asleep again until Mum called me again. That snooze made me late.
I did not have time for breakfast. I was starving as I ran to catch the school bus. I just missed it. Dad had to ride me to school. He was late for teaching at his school and he was furious with me. He scolded me for being late.
I arrived at school on time. The teacher asked us to hand in our homework. My homework was not in my bag.  I had forgotten to put it in my bag the night before. I usually check my bag in the morning. I did not do this because I was late I had to do extra assignment as a punishment.
After Biology lesson, I did not tie my shoelace properly. I tripped over it. And fell down the stairs. I hurt my knee and had to have a bandage on it.
What a terrible day! I hope that I have much better one tomorrow.

Terjemahan / artinya :

Saya sangat bahagia hari ini telah berakhir. Begitu banyak hal yang salah hari ini. Salah satunya adalah saya tidak bisa tidur tadi malam. Saya sangat lelah ketika ibu saya memanggil saya pagi hari untuk bangun. Saya merasa lelap sekali dan lagi ibu terus memanggil dan memanggil. Tidur yang kurang inilah yang menyebabkanku terlambat.

Saya tidak punya waktu untuk sarapan. Saya merasa lapar sambil berlari menuju bus sekolah. Ternyata saya sudah ditinggal bus sekolah. Kemudian ayah mengantar saya ke sekolah. Akibatnya ayah saya terlambat mengajar di sekolah dan ia begitu marah kepadaku. Ia memarahiku untuk terlambat lagi.

Saya tiba di sekolah tepat waktu. Kemudian Pak guru menanyai PR kepada kami dan menyuruh kami mengangkat tangan. PR saya tidak ada di tas. Saya lupa menaruhnya di dalam tas tadi malam. Saya biasanya mengecek tas saya pagi hari. Tetapi tadi pagi saya tidak melakukannya karena terlambat, oleh karena itu saya mendapat PR tambahan sebagai hukuman.

Setelah pelajaran Biology, Saya tidak mengikat tali sepatu saya dengan benar. Saya berjalan. Dan saya terjatuh dari tangga. Lutut saya terluka dan saya harus memakaikannya perban. Hari yang begitu buruk. Saya berharap akan mendapat yang lebih baik besok.

Contoh 3

contoh recount text pendek dan terjemahannya tentang liburan ke candi borobudur

A Trip To Borobudur Temple
Last week, I spent my holiday in Jogjakarta. I went to Borobudur Temple. My family and I went there early morning We went to Borobudur Temple by private car. I had prepared everything before we went to Jogja. While we were driving, we could see some beautiful views of mountains, forests, and waterfalls. My family and I arrived at Borobudur Temple at 11:30 in the afternoon. There, I saw many tourists. Borobudur Temple was crowded in that holiday vacation. I could learn and practice speaking English with one of foreign tourists. His name was Jack. He was very friendly. It was my first time to speak English with foreign tourist. We went back at 04:30 in the evening. It was a very interesting vacation

Terjemahannya:

Liburan ke candi Borobudur
     Minggu lalu, saya menghabiskan liburan saya di Jogjakarta. Aku pergi ke Candi Borobudur. Saya dan keluarga saya pergi ke sana pagi Kami pergi ke Candi Borobudur dengan mobil pribadi. Saya telah mempersiapkan segala sesuatu sebelum kami pergi ke Jogja. Sementara kita sedang berkendara, kita bisa melihat beberapa pemandangan indah pegunungan, hutan, dan air terjun. Saya dan keluarga saya tiba di Candi Borobudur pada pukul 11.30 sore. Di sana, saya melihat banyak wisatawan. Candi Borobudur ramai dalam liburan liburan. Aku bisa belajar dan berlatih berbicara dalam bahasa Inggris dengan salah satu turis asing. Namanya Jack. Dia sangat ramah. Ini adalah pertama kalinya saya untuk berbicara bahasa Inggris dengan wisatawan asing. Kami kembali pada 04:30 di malam hari. Itu adalah liburan yang sangat menarik

Contoh 4

Contoh recount text panjang tentang liburan bersama keluarga dan terjemahannya

My Vacation with My Beloved People

One day, my sister named Putri said to me that she really wanted to go to the beach. So I promised her that the next week we would go to Mutun beach in Lampung.

The next week, we prepared everything needed in the morning. We brought some foods and beverages, such as chocolate wafers, potato chips, water and orange juice. Before going to the beach, I ask our brother, Bayu, to join us. He agreed to join and we went there together with our parents. We went there by car. It took 3 hours to arrive there. Then, we bought tickets in the entrance gate. Before swimming, we changed our clothes first. We swam there for more than one hour. We felt so tired that we decided to eat the foods that we had brought. Next, three of us created a very big sand castle, while my parents were enjoying the beautiful scenery there. After that, we decided to go home because it was getting dark.

On the way home, we still felt hungry. So we stopped at a restaurant to have dinner. I ordered sruit, Lampungnese traditional food, while my brother, my sister, and my parents ordered fried rice. After finished eating, we paid our bills. Then, we went home. We arrived at home at 9 o’clock. We were tired but we were absolutely happy.

Liburan Saya Bersama Orang-orang Tercinta

Suatu hari, saudara kandung perempuan saya yang bernama Putri mengatakan kepada saya bahwa dia benar-benar ingin pergi ke pantai. Oleh karenanya, saya berjanji bahwa minggu depan setelahnya kita akan pergi ke Pantai Mutun di Lampung.

Minggu berikutnya, kami mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan pada pagi hari. Kami membawa beberapa makanan dan minuman, seperti wafer cokelat, keripik kentang, air dan jus jeruk. Sebelum pergi ke pantai, saya minta saudara laki-laki kami, Bayu, untuk bergabung dengan kami. Dia setuju untuk bergabung dan kami pergi ke sana bersama-sama dengan orang tua kami. Kami pergi ke sana naik mobil. Butuh waktu 3 jam untuk tiba di sana. Kemudian, kami membeli tiket di gerbang masuk. Sebelum berenang, kami  berganti pakaian terlebih dulu. Kami berenang di sana selama lebih dari satu jam. Kami merasa begitu lelah sehingga kami memutuskan untuk makan makanan yang kami bawa. Selanjutnya, kami bertiga membuat istana pasir yang sangat besar, sementara orang tua saya sedang menikmati pemandangan indah di sana. Setelah itu, kami memutuskan untuk pulang karena hari mulai gelap.

Dalam perjalanan pulang, kami masih merasa lapar. Jadi kami berhenti di sebuah restoran untuk makan malam. Saya memesan sruit, makanan tradisional masyarakat Lampung, sementara Bayu, Putri, dan orang tua saya memerintahkan nasi goreng. Setelah selesai makan, kami membayar tagihan kami. Kemudian, kami pulang. Kami tiba di rumah pada pukul 9 malam. Kami lelah tapi kami benar-benar senang.

Contoh 5

Contoh Recount text pendek/panjang beserta struktur dan terjemahannya

A Trip to Tanjung Setia Beach

Last year, at the end of the year, my wife and I decided to spend our holiday at Tanjung Setia beach, which located around 234 kilometers from Bandarlampung.

When we arrived at the beach, we were surprised to see the beautiful view of the beach.  After having a quick dip in the ocean, which was really cold and windy, we realized that there were not many people there. We thought that it happened because it was too windy there during that time but we finally realized that it was Christmas holiday so almost all of tourists who are used to spending time there went back to their country.

After spending few times swimming in the beach, we bought some hot chips at the takeaway store nearby, and we rode our bikes down the beach for a while, on the hard, damp part of the sand.   The next day we visited Labuan Jukung beach. There, we were amazed to see the high wave owned by this beach. Because it was so high that no body was brave enough to surf on it that time.

The third day there, we decided to go home when we finally made it back home, we were both totally exhausted because of the trip but we were so happy to travel such an amazing beach Lampung province has.

Perjalanan Liburan ke Pantai Tanjung Setiai

Tahun lalu, pada akhir tahun, saya dan istri saya memutuskan untuk menghabiskan liburan kami di pantai Tanjung Setia, yang terletak sekitar 234 kilometer dari Bandarlampung.

Ketika kami tiba di pantai, kami terkejut melihat pemandangan indah pantai tersebut. Setelah menceburkan diri sejenak di pantai, yang benar-benar dingin dan berangin pada waktu itu, kami menyadari bahwa tidak ada banyak orang di sana. Kami berpikir bahwa itu terjadi karena angina terlalu besar pada waktu itu tapi kami akhirnya menyadari bahwa hari itu adalah hari libur Natal sehingga hampir semua wisatawan yang terbiasa untuk menghabiskan waktu di sana kembali ke negara mereka.

Setelah menghabiskan beberapa waktu berenang di pantai, kami kemudian membeli beberapa keripik hangat(yang baru saja digoreng) di toko di dekat pantai itu, dan kami kemudian bersepeda di pantai untuk beberapa saat, di pasir yang basah itu. Keesokan harinya kami mengunjungi pantai Labuan Jukung. Di sana, kami terkagum-kagum melihat ombak tinggi yang dimiliki oleh pantai ini. Karena begitu tingginya sehingga tidak ada yang cukup berani untuk berselancar di atasnya saat itu.

Pada hari ketiga ada, kami memutuskan untuk pulang ketika kami akhirnya sampai kembali ke rumah, kami berdua benar-benar lelah karena perjalanan itu tapi kami sangat senang melakukan liburan di pantai yang menakjubkan yang dimiliki provinsi Lampung tersebut.

Analisa :
Orientation : Paragraf pertama, (Last year, at the end of the year, my wife and I …)
Events : Paragraf kedua dan ketiga.
Reorientation : Paragraf keempat (terakhir)

Contoh 6

Example Recount text about holiday for senior high school tentang berkunjung ke bali beserta artinya

Visiting Bali
There were so many places to see in Bali that my friend decided to join the tours to see as much as possible. My friend stayed in Kuta on arrival. He spent the first three days swimming and surfing on Kuta beach. He visited some tour agents and selected two tours. The first one was to Singaraja, the second was to Ubud.

On the day of the tour, he was ready. My friend and his group drove on through mountains. Singaraja is a city of about 90 thousands people. It is a busy but quiet town. The street are lined with trees and there are many old Dutch houses. Then they returned very late in the evening to Kuta.

The second tour to Ubud was a very different tour. It was not to see the scenery but to see the art and the craft of the island. The first stop was at Batubulan, a center of stone sculpture. There my friend watched young boys were carving away at big blocks of stone. The next stop was Celuk, a center for silversmiths and goldensmiths. After that he stopped a little while for lunch at Sukawati and on to mass. Mass is a tourist center.

My friend ten-day-stay ended very quickly beside his two tour, all his day was spent on the beach. He went sailing or surfboarding every day. He was quiet satisfied.

Terjemahannya :
mengunjungi Bali
Ada begitu banyak tempat untuk melihat di Bali yang teman saya memutuskan untuk bergabung dengan tur untuk melihat sebanyak mungkin . Teman saya tinggal di Kuta pada saat kedatangan . Ia menghabiskan tiga hari pertama berenang dan berselancar di pantai Kuta . Ia mengunjungi beberapa agen tour dan dipilih dua wisata . Yang pertama adalah untuk Singaraja , yang kedua adalah untuk Ubud .Pada hari tur , ia siap . Teman saya dan kelompoknya melaju melalui pegunungan . Singaraja adalah sebuah kota sekitar 90 ribu orang . Ini adalah sebuah kota yang sibuk tapi tenang . Jalan dilapisi dengan pohon-pohon dan ada banyak rumah-rumah tua jaman Belanda . Kemudian mereka kembali sangat terlambat di malam hari untuk Kuta .Tur kedua Ubud adalah tur yang sangat berbeda . Itu tidak untuk melihat pemandangan tetapi untuk melihat seni dan kerajinan dari pulau . Pemberhentian pertama adalah di Batubulan , pusat patung batu . Ada teman saya menyaksikan anak-anak muda ukiran jauh di blok besar batu . Perhentian berikutnya adalah Celuk , pusat perajin perak dan goldensmiths . Setelah itu ia berhenti sejenak untuk makan siang di Sukawati dan ke massa . Misa adalah pusat wisata .Teman saya sepuluh hari - tinggal berakhir sangat cepat di samping dua tur , sepanjang hari dihabiskan di pantai . Dia pergi berlayar atau surfboarding setiap hari . Dia tenang puas .